Wednesday, March 1, 2017

Penulisan Surat Yang Sesuai EYD

Penulisan Surat Yang Sesuai EYD : Surat Resmi

Surat Resmi


arifpedia01.blogspot.com

Surat Resmi adalah surat yang penulisannya sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), soal yang membahas mengenai surat biasa menjadi pokok bahasan dalam UN (Ujian Nasional) baik di jenjang SMP sampai dengan jenjang SMA.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai surat formal dan soal - soal yang biasa keluar dalam UN (Ujian Nasional), kami akan menyajikan contoh surat dengan pembahasannya, berikut informasi selengkapnya :

Contoh Surat Resmi


ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)

SMP NASIONAL JAKARTA

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 67 Jakarta (021) 77485 (1)

5 November 2009(2)

    Nomor : 088/OSIS-N/11/2009
    Hal : Mengikuti Turnamen Bola Basket(3)

Yth. Ketua OSIS SMP Patria Jakarta

di Jakarta (4)

Dengan hormat, (5)

(6) Dalam rangka memperingati hari jadi SMP Nasional Jakarta, kami akan menyelenggarakan Turnamen Bola Basket tingkat SMP se-Jakarta.

(7) Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengundang Tim Bola Basket Saudara untuk mengikuti turnamen tersebut yang akan dilaksanakan pada

    hari, tanggal : Jumat s.d Minggu, 5 s.d 7 Maret 2009
    waktu : pukul 08.00 s.d selesai
    tempat : Lapangan basket SMP Nasional Jakarta

(8) Demikian surat ini, atas partisipasi Saudara, kami menyampaikan terima kasih.

Ketua OSIS


Farid Fitrian Yahya


1. Kepala Surat

Kepala surat adalah bagian dari surat resmi yang berisikan identitas lembaga atau organisasi, dalam kepala surat biasanya dicantumkan logo atau lambang, nama, alamat, nomor telepon, fax suatu lembaga atau organisasi.

Fungsi kepala surat

  • Mengetahui nama dan alamat
  • Menginformasikan perihal surat

2. Penulisan Tanggal

    a. Jakarta, 5 November 2009
    b. Jakarta: 5 November 2009
    c. 5 November 2009
    d. 5 Nopember 2009
Kunci Jawaban : C

Penulisan tanggal pada surat resmi tidak perlu menyertakan nama kota karena pada surat resmi terdapat alamat surat dalam kop surat. Kata kunci : Alternatif jawaban A menggunakan nama tempat, menyalahi aturan. Alternatif jawaban B, tanggal surat menggunakan nama tempat dan diberi tanda titik dua, tidak sesuai dengan EYD. Alternatif jawaban D penulisan November menggunakan p yang seharusnya v (tidak baku).

3. Perihal Surat

Perihal surat berisian tentang pokok dari isi surat, pada surat resmi perihal surat ditulis menggunakan huruf kapital pada awal kata.

4. Alamat Tujuan

Alamat tujuan pada pembuka surat resmi tidak ditulis secara lengkap karena alamat lengkap sudah tertara di kop atau kepala surat, hal yang harus diperhatikan dalam penulisan alamat tujuan diantaranya

  • Pada surat resmi hindari penggunaan kata kepada, karena penggunaannya menyebabkan surat menjadi tidak efektif dan tidak sesuai dengan EYD
  • Menyingkat ungkapan "yang terhormat" menjadi Yth. agar terkesan lebih efektif dan sesuai dengan EYD.
  • Ungkapan Bapak/Ibu, atau Saudara hanya dipergunakan ketika diikuti oleh nama orang.

Contoh

Yth. Ketua OSIS SMP Patria Jakarta

di Jakarta

5. Salam Pembuka

Salam pembuka dalam surat resmi berfungsi untuk mengawali isi surat, sebagai salam pembuka, salam pembuka surat diawali dengan huruf kapital, salam pembuka yang umum digunakan dalam surat resmi adalah "Dengan hormat,".

Isi Surat

a. Sehubungan dengan hal tersebut kami mengundang Tim Bola Basket Saudara untuk mengikuti turnamen tersebut yang akan diadakan pada

    Hari, tanggal : Jumat s.d Minggu, 5 s.d 7 Maret 2009
    Waktu : Pukul 08.00 s.d selesai
    Tempat : Lapangan basket SMP Nasional Jakarta

b. Sehubungan dengan hal tersebut diatas,kami mengharapkan kedatangan tim basket Saudara untuk mengadakan persahabatan dengan tim kami yang akan dilaksanakan pada

    hari, tanggal : Jumat s.d Minggu, 5 s.d Maret 2009
    waktu : pukul 08.00 s.d selesai
    tempat : lapangan basket SMP Nasional Jakarta

c. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengundang Tim Bola Basket Saudara untuk mengikuti turnamen tersebut yang akan dilaksanakan pada

    hari, tanggal : Jumat s.d Minggu, 5 s.d 7 Maret 2009
    waktu : pukul 08.00 s.d selesai
    tempat : Lapangan basket SMP Nasional Jakarta

d. Berdasarkan hal tersebut saya tunggu kedatangan tim basket Saudara untuk bertanding dengan tim kami yang akan dilaksanakan pada

    hari, tanggal : Jumat s.d Minggu, 5 s.d 7 Maret 2009
    waktu : Pukul 08.00 s.d selesai
    tempat : Lapangan basket SMP Nasional Jakarta
Kunci Jawaban : C

Isi surat harus sesuai dengan ilustrasi, penulisan hari dan tanggal surat harus sesuai dengan EYD. Alternatif jawaban a. Penulisan hari, tanggal, waktu, dan tempat menggunakan huruf kapital (seharusnya menggunakan huruf kecil karena masih lanjutan dari kalimat diatasnya.), alternatif jawaban b. tidak sesuai dengan perihal surat, perihal surat undangan mengikuti turnamen, sedangkan pada alternatif jawaban b undangan persahabatan. Alternatif jawaban d tidak sesuai dengan perihal surat, pada alternatif jawaban d berisi undangan bertanding dengan tim pengundang.

Isi surat harus sesuai dengan ilustrasi, cermati tanggal dikirim surat dengan tanggal kegiatan dilaksanakan, cermati juga maksud isi surat, penulisan waktu, dan acara.

6. Pembuka Isi Surat

Pembuka isi surat berfungsi sebagai pengantar bagi pembaca atau penerima surat agar mengetahui pokok dari surat yang diterima, berisikan inti dari perihal surat.

7. Inti Surat

Bagian inti surat resmi berisikan maksud dari pengirim surat kepada penerima surat, misal pada surat undangan inti surat berisikan maksud untuk mengundang dalam rangka suatu acara yang disertai alamat dan waktu acara.

8. Penutup Surat

Penutup surat pada surat resmi berisikan ucapan terima kasih dari pengirim kepada pembaca, penulisan penutup surat resmi menggunakan kata yang efektif contoh "Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.", pada penulisan penutup hindari kata - kata yang tidak efektif misal "Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih yang sebanyak - banyaknya."

Demikian sedikit yang dapat kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

arifpedia.blogspot.com

No comments:

Post a Comment